Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan membaca permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 013834 Aek Bamban Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan

Tambunan, Mely Agustina (2025) Analisis kesulitan membaca permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 013834 Aek Bamban Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas I Sekolah Dasar (SD) Negeri 013834 Aek Bamban Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan yang mengala,I kesulitan membaca. Faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami peserta didik yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas I SD Negeri 013834 Aek Bamban. Membaca permulaan adalah hal dasar yang dilakukan dalam keterampilan membaca. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi hambatan-hambatan yang awal pembelajaran membaca, meliputi pengenalan huruf, menggabungkan huruf menjadi suku kata, dan menyusun kata secara utuh. Faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa kesulitan dalam membaca yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor dari diri anak itu sendiri yang meliputi faktor fisik, intelektual, dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar diri anak itu sendiri yang mencakup lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Jumlah siswa di kelas I SD Negeri 013834 Aek Bamban Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan adalah 18 siswa, dari jumlah total tersebut 10 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas I, guru kelas I, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat yaitu kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas I SD. Sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan huruf yang memiliki bentuk serupa, kesalahan pelafalan terutama pada bunyi huruf tertentu (misalnya huruf “e”), serta keterlambatan dalam merangkai huruf menjadi kata yang bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikwati, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Kesulitan; Membaca; Siswa; Kelas I; SD Negeri 013834 Aek Bamban; Kecamatan Aek Songsongan; Kabupaten Asahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:04
Last Modified: 06 Nov 2025 04:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item