Harahap, Yuniarti (2025) Penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar PPKN siswa di kelas III SDN 0205 Binanga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020500254.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas III SDN 0205 Binanga. Hal ini model Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan sistem, diktat (catat mencatat), menghafal dan ceramah sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang baru yaitu model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran picture and picture belum pernah diterapkan dalam pembelajaran PPKn di SDN 0205 Binanga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 0205 Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 0205 Binanga, agar siswa aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 0205 Binanga yang berjumlah 16 siswa dan objeknya adalah pembelajaran PPKn. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn yang dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 66,87, meningkat pada siklus I menjadi 68,125 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,50 Persentase ketuntasan hasil hasil belajar pada kondisi awal adalah 37%, meningkat pada siklus I menjadi 71,87% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 87,50%. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar kalsikal sudah berhasil dicapai yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari KKM yang ditentukan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Hj, Hamidah ,M.Pd. dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
| Keywords: | Model pembelajaran picture; Picture; Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa; di kelas III SDN 0205 Binanga |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 09:01 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 09:01 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
