Nasution, Salshabila Fazri (2025) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di media sosial dengan kondisi ekonomi sebagai varibel moderasi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140200131.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Minat be$rwirausaha di kalangan mahasiswa me$rupakan hal pe$nting untuk ditumbuhkan, te$rutama dalam e$ra digital se$pe$rti saat ini. Namun, ke$nyataannya masih banyak mahasiswa yang be$lum me$miliki ke$te$rtarikan untuk me$mulai usaha, me$skipun te$lah me$ndapatkan pe$ndidikan ke$wirausahaan dan me$miliki akse$s ke$ me$dia sosial se$bagai sarana promosi bisnis. Pe$rmasalahan ini me$ndorong pe$rlunya kajian le$bih dalam me$nge$nai faktor-faktor yang me$me$ngaruhi minat be$rwirausaha mahasiswa, khususnya pe$ngaruh pe$ndidikan ke$wirausahaan de$ngan me$mpe$rtimbangkan kondisi e$konomi se$bagai variabe$l mode$rasi. Pe$ne$litian ini be$rtujuan untuk me$nge$tahui: apakah te$rdapat pe$ngaruh pe$ndidikan ke$wirausahaan te$rhadap minat mahasiswa untuk be$rwirausaha me$lalui me$dia sosial, dan apakah kondisi e$konomi me$mode$rasi hubungan antara pe$ndidikan ke$wirausahaan de$ngan minat be$rwirausaha te$rse$but. Me$tode$ yang digunakan dalam pe$ne$litian ini adalah me$tode$ kuantitatif. Populasi dalam pe$ne$litian ini adalah mahasiswa Program Studi E$konomi Syariah Angkatan 2021 di UIN Sye$kh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, de$ngan sampe$l se$banyak 64 mahasiswa yang dipilih me$nggunakan te$knik purposive$ sampling. Pe$ngumpulan data dilakukan me$lalui angke$t (kue$sione$r) me$nggunakan skala Like$rt. Data dianalisis me$nggunakan te$knik statistik de$skriptif dan analisis re$gre$si mode$rasi de$ngan bantuan software$ SmartPLS. Hasil pe$ne$litian me$nunjukkan bahwa pe$ndidikan ke$wirausahaan be$rpe$ngaruh positif dan signifikan te$rhadap minat be$rwirausaha mahasiswa di me$dia sosial, de$ngan nilai koe$fisie$n se$be$sar 0,653 dan nilai p-value$ 0,000. Ini be$rarti se$makin tinggi pe$ndidikan ke$wirausahaan yang dipe$role$h mahasiswa, maka se$makin tinggi pula minat me$re$ka untuk be$rwirausaha. Namun, kondisi e$konomi tidak me$mode$rasi hubungan te$rse$but se$cara signifikan, dibuktikan de$ngan nilai p-value$ se$be$sar 0,392. Artinya, baik dalam kondisi e$konomi tinggi maupun re$ndah, pe$ngaruh pe$ndidikan ke$wirausahaan te$rhadap minat be$rwirausaha te$tap sama. De$ngan de$mikian, dapat disimpulkan bahwa pe$ndidikan ke$wirausahaan me$rupakan faktor utama yang me$ndorong minat mahasiswa untuk be$rwirausaha, se$dangkan kondisi e$konomi tidak me$mpe$rkuat maupun me$mpe$rle$mah hubungan te$rse$but
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan Muhammad Arif, M.A |
| Keywords: | Pendidikan kewirausahaan; Berwirausaha; Media sosial; Kondisi ekonomi; Varibel moderasi |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:56 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:56 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
