Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di media sosial dengan kondisi ekonomi sebagai varibel moderasi

Nasution, Salshabila Fazri (2025) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di media sosial dengan kondisi ekonomi sebagai varibel moderasi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140200131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Minat be$rwirausaha di kalangan mahasiswa me$rupakan hal pe$nting untuk ditumbuhkan, te$rutama dalam e$ra digital se$pe$rti saat ini. Namun, ke$nyataannya masih banyak mahasiswa yang be$lum me$miliki ke$te$rtarikan untuk me$mulai usaha, me$skipun te$lah me$ndapatkan pe$ndidikan ke$wirausahaan dan me$miliki akse$s ke$ me$dia sosial se$bagai sarana promosi bisnis. Pe$rmasalahan ini me$ndorong pe$rlunya kajian le$bih dalam me$nge$nai faktor-faktor yang me$me$ngaruhi minat be$rwirausaha mahasiswa, khususnya pe$ngaruh pe$ndidikan ke$wirausahaan de$ngan me$mpe$rtimbangkan kondisi e$konomi se$bagai variabe$l mode$rasi. Pe$ne$litian ini be$rtujuan untuk me$nge$tahui: apakah te$rdapat pe$ngaruh pe$ndidikan ke$wirausahaan te$rhadap minat mahasiswa untuk be$rwirausaha me$lalui me$dia sosial, dan apakah kondisi e$konomi me$mode$rasi hubungan antara pe$ndidikan ke$wirausahaan de$ngan minat be$rwirausaha te$rse$but. Me$tode$ yang digunakan dalam pe$ne$litian ini adalah me$tode$ kuantitatif. Populasi dalam pe$ne$litian ini adalah mahasiswa Program Studi E$konomi Syariah Angkatan 2021 di UIN Sye$kh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, de$ngan sampe$l se$banyak 64 mahasiswa yang dipilih me$nggunakan te$knik purposive$ sampling. Pe$ngumpulan data dilakukan me$lalui angke$t (kue$sione$r) me$nggunakan skala Like$rt. Data dianalisis me$nggunakan te$knik statistik de$skriptif dan analisis re$gre$si mode$rasi de$ngan bantuan software$ SmartPLS. Hasil pe$ne$litian me$nunjukkan bahwa pe$ndidikan ke$wirausahaan be$rpe$ngaruh positif dan signifikan te$rhadap minat be$rwirausaha mahasiswa di me$dia sosial, de$ngan nilai koe$fisie$n se$be$sar 0,653 dan nilai p-value$ 0,000. Ini be$rarti se$makin tinggi pe$ndidikan ke$wirausahaan yang dipe$role$h mahasiswa, maka se$makin tinggi pula minat me$re$ka untuk be$rwirausaha. Namun, kondisi e$konomi tidak me$mode$rasi hubungan te$rse$but se$cara signifikan, dibuktikan de$ngan nilai p-value$ se$be$sar 0,392. Artinya, baik dalam kondisi e$konomi tinggi maupun re$ndah, pe$ngaruh pe$ndidikan ke$wirausahaan te$rhadap minat be$rwirausaha te$tap sama. De$ngan de$mikian, dapat disimpulkan bahwa pe$ndidikan ke$wirausahaan me$rupakan faktor utama yang me$ndorong minat mahasiswa untuk be$rwirausaha, se$dangkan kondisi e$konomi tidak me$mpe$rkuat maupun me$mpe$rle$mah hubungan te$rse$but

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan Muhammad Arif, M.A
Keywords: Pendidikan kewirausahaan; Berwirausaha; Media sosial; Kondisi ekonomi; Varibel moderasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:56
Last Modified: 23 Oct 2025 08:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item