Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi media gambar pada keterampilan bercerita mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan

Jambak, Lail Tahjuda (2025) Implementasi media gambar pada keterampilan bercerita mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500243.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan sekolah dasar suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencentak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan dilingkungannya. Keterampilan bercerita merupakan kemampuan menceritakan kembali perbuatan atau suatu kejadian secara lisan dengan tujuan berbagi pengalaman atau pengetahuan kepada orang lain. Kegiatan bercerita membentuk seseorang dapat menyampaikan berbagai cerita dan mengungkapkan perasaan yang dialami. Berdasarkan prasurvei yang peneliti lakukan di kelas III Ar raji SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan. pada tanggal 14 Januari sampai dengan 14 Febuari 2025. Masih banyak siswa yang tidak percaya diri ketika disuruh untuk maju kedepan kelas dan minimnya pengetahuan siswa akan kosa kata.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui. Implementasi Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik dan 1 guru Kelas III Ar Raji. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi, penyajian data dan penarik kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ada 4 indikator dari keterampilan sosial anak yang peneliti amati yaitu (I) Dapat memahami isi cerita dengan baik , (II) Dapat percaya diri ketika di suruh maju kedepan untuk bercerita, (III) Memahami dan menguasai pengucapan struktur dan kosa kata yang digunakan, (IV) Menerapkan unsur Pralingustik seperti mimik wajah , gerak tertentu dan nada suara. Dari ke 4 indikator tersebut yang paling terlihat dari diri anak adalah indikator Memahami dan menguasai pengucapan struktur dan kosa kata yang digunakan yaitu terdapat 24 siswa dari 30 mampu memahami kosa kata dan mengucapkan sturuktur kata yang digunakan ketika bercerita di dalam kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Implementasi media gambar; Keterampilan bercerita; Mata pelajaran Bahasa Indonesia; Kelas III SD IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120307 Visual Communication Design (incl. Graphic Design)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:55
Last Modified: 23 Oct 2025 08:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12671

Actions (login required)

View Item View Item