Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan keterampilan menggiring bola melalui metode latihan zig-zag dalam permainan sepak bola pada Siswa Kelas V SD Negeri 200119 Padangsidimpuan

Nasution, Andika Dicaprio (2025) Meningkatkan keterampilan menggiring bola melalui metode latihan zig-zag dalam permainan sepak bola pada Siswa Kelas V SD Negeri 200119 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas V SD Negeri 200119 Padangsidimpuan. Berdasarkan hal tersebut masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran karena masih banyak siswa yang salah dalam gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola. Sebagian siswa masih menggunakan ujung kaki untuk menggiring bola. Sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada kaki, sehingga meraka enggan untuk berlatih gerakan menggiring bola, sehingga hasil belajar siswa masih kurang maksimal dan siswa kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dengan menggunakan teknik dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola melalui metode zig-zag dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Solusi yang diberikan dengan penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sesuai dengan KKM yang berlaku di SD Negeri 20119 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola melalui metode zig-zag pada siswa SD Negeri 20119 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang syaratnya, siklus I dan siklus II, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah 27 siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Metode latihan zig-zag adalah menggiring bola berlari bersama bola atau membawa bola dengan kaki dengan arah berkelok-kelok dengan formasi lari membentuk huruf “Z”. Tujuannya yaitu melatih gerak tubuh arah berkelok-kelok. Latihan sama dengan lari bolak-balik, kecuali atlet berlari dengan melintasi beberapa titik. Dribbling adalah keterampilan dasar dalam sepakbola, pemain melakukan pergerakan lari serta melakukan dorongan pada bola dengan kaki yang mengakibatkan perpindahan bola dari tempat ketempat lainnya. Metode latihan zig-zag dapat meningkatkan hasil belajar melalui penelitian yang dilakukan. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap, dan perilakunya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari kondisi awal, siklus I dan siklus II yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Peningkatan dilihat dari hasil tes dan observasi yang diberikan peneliti. Pada prasiklus dilaksanakan nilai rata-rata siswa di kelas V adalah 48,62 dengan persentase ketuntasan 14,8%. Pada Siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata 52,96 dan persentase ketuntasannya 22,2%. Siklus I pertemuan kedua nilai rata- rata yang diperoleh 60,74 dan persentase ketuntasan 33,3%. Dan di siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata yang diperoleh adalah 65,92 dan persentase ketuntasan 44,4%. Siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,7 dan persentase ketuntasan 76,66%. hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan siklus I pertemuan pertama, kedua dan siklus II pertemuan pertama, kedua yaitu terdapat peningkatan jumlah nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa pada pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui keterampilan dengan menggunakan metode latihan zig-zag dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Metode latihan zig-zag; Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan; Permainan sepak bola
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:41
Last Modified: 23 Oct 2025 07:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item