Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model think pair share dalam pembelajaran tematik Kelas IV SD Negeri 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Hasibuan, Amizul Anhar (2025) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model think pair share dalam pembelajaran tematik Kelas IV SD Negeri 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa SD Negeri 100116 Sigumuru, yang terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, dimana hal tersebut disebabkan kurang efektif dan kreatif guru dalam memilih model pembelajaran yang menjadikan pembelajaran menjadi tidak bervariasi dan monoton sehingga siswa sulit memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Kemudian banyaknya siswa yang berpendapat bahwa model think pair share adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan serta kesulitan siswa memahami tema selalu berhemat energi dalam subtema sumber-sumber energi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah penggunaan Model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 100116 Sigumuru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model Think Pair Share pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV SD Negeri 100116 Sigumuru. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100116 Sigumuru yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengecek data yang diperoleh dari guru kelas dan siswa kelas IV. Teknik ini diperoleh dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan Model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal in dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum penggunaan model TPS menghasilkan nilai rata-rata 50,62 dengan hanya 12,5% siswa yang tuntas. Setelah penerapan model tersebut, hasil belajar siswa meningkat signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 56,25 dan 60, meskipun masih ada kendala partisipasi dan kerjasama antar siswa. Pada Siklus II , nilai rata-rata mencapai 65 dan meningkat lagi menjadi 71,25 dengan tingkat ketuntasan 75%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan melalui model Think Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Think pair share; Pembelajaran tematik; Kelas IV; SD Negeri 100116 Sigumuru; Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:10
Last Modified: 23 Oct 2025 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item