Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN 101690 Dolok Pardomuan Kabupaten Padang Lawas Utara

Nursakilah, Nursakilah (2025) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN 101690 Dolok Pardomuan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penerapan model pembelajaran jigsaw dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran pada Tema 9 Kayanya Negeriku, Subtema 3 Pelestarian kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia, Pembelajaran ke 4, siswa kelas IV SDN 101690 Dolok Pardomuan Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi di SD Negeri 101690 Dolok Pardomuan Kabupaten Padang Lawas Utara. Sunyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas IV, 6 laki-laki dan 6 perempuan. Pengujian, wawancara, observasi dan dokumentasi berfungsi sebagai alat instrumen. Dari hasil penelitian ini, hasil belajar siswa meningkat dari pre-test yang rata-rata skor 46,66 menjadi skor rata-rata siswa 55,83 sebesar 41,66% (5 dari 12 siswa), pada siklis 1 pertemuan II rata-rata nilai siswa 64,16 dan ketuntasan siswa 58,33% (7 dari 12 siswa). Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa adalah 75 dengan tingkat ketuntasan 75% (9 dari 12 siswa), dan pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa adalah 80 dengan tingkat ketuntasan 83,33%. Hasil skor yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran jigsaw; Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Siswa; Kelas IV; SDN 101690 Dolok Pardomuan; Kabupaten Padang Lawas Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:49
Last Modified: 23 Oct 2025 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item