Nasution, Dwi Fatma Hamdi (2025) Peningkatan hasil belajar menyimak siswa kelas iv dengan metode bercerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 100701 Batang Toru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820500087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 100701 Batang Toru. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan KKM, salah satunya disebabkan karena kurangnya variasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurangnya interaksi yang aktif antara guru dan siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 100701 Batang Toru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menyimak Bahasa Indonesia siswa dengan metode bercerita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100701 Batang Toru dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa yang meningkat pada siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 20% (5 dari 25 siswa) dengn nilai rata-rata sebesar 56,4. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 48% (12 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 66,96. Siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 72% (18 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata 71,12. Siklus II pertemuan I ketuntasan siswa sebesar 88% (22 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 78,84. Sehingga dengan perolehan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa dengan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 100701 Batang Toru
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
| Keywords: | Metode bercerita; Hasil belajar; Bahasa Indonesia; Siswa; Kelas IV; Metode bercerita; SD Negeri 100701 Batang Toru |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 09:16 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 12:02 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
