Maharani, Aulia (2025) Analisis kesulitan belajar matematika Siswa Kelas V SD Negeri 200201 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820500049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Peneliti ini dilatar belakangi oleh masalah yaitu kesulitan belajar siswa dalam memahami materi matematika bangun ruang, kesulitan ini antara lain diakibatkan dari beberapa permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar terutama dalam memahami bangun ruang , hal ini disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian, siswa tidak mampu memahami maksud soal yang telah diberikan dan siswa tidak mengingat rumus serta simbol pada materi bangun ruang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam memahami konsep bangun ruang, pada bagian mana siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun ruang, faktor apa yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang dikelas V SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Penelitian ini merupakan penelitian campurn yaitu menggabungkan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif, data dikumpulkan menggunakan tes dan wawancara yang dilaksanakan di SD N 200201 Padangsidimpuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 200201 Padangsidimpuan. Berdasarkan tes dan wawancara, siswa mempunyai kesalahan yaitu dalam memahami konsep bangun ruang. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran hasil belajar siswa rata-rata 62 yang berarti nilai siswa berada dibawah KKM. Dalam hal ini siswa tidak memahami bentuk soal yang harus diterjemahkan kedalam kalimat matematika dan siswa tidak memahami rumus yang mana akan dipakai dalam soal tersebut. Faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal seperti: minat belajar siswa yang rendah, kesiapan siswa dalam belajar, dan tidak adanya motivasi. Faktor eksternal seperti: fasilitas sekolah kurang memadai, teman-teman yang tidak mendukung dalam pembelajara, metode pembelajaran yang tidak menyenagkan, kurangnya guru dalam memberi contoh pada pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi, M.A |
| Keywords: | Kesulitan belajar; Matematika; Bangun Ruang; Siswa; Kelas V; SD Negeri 200201 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 09:11 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 09:11 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
