Asmaini, Asmaini (2025) Upaya guru meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman teks materi jenis-jenis pekerjaan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820500015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa yang masih kurang maksimal dalam membaca. Hal ini disebabkan kurangnya upaya guru untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan keterampilan siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan upaya yang belum maksimal menjadikan siswa kesulitan dalam memahami teks. Untuk itu diperlukan upaya lebih agar keterampilan membaca siswa lebih maksimal serta siswa mampu memahami teks yang dibaca dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan tinggi tingkat keterampilan membaca dan pemahaman teks serta upaya guru dalam menigkatkan keterampilan membaca dan pemahaman teks materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200508 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian di kelas IV berjumlah 22 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, keterampilan membaca siswa dan hasil pemahaman teks siswa di kelas IV SD Negeri 200508 menunjukkan bahwa jumlah siswa setiap indikator yang satu dengan indikator yang lainnya sangat berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan keberagaman tingkat keterampilan dan pemahaman teks yang dimiliki siswa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
| Keywords: | Upaya guru; Keterampilan membaca; Pemahaman teks; Siswa; Kelas IV; SD Negeri 200508 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 09:08 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 09:08 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
