Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 100600 Sipogas Janji Manahan Kecamatan Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara

Munthe, Widya Purnama (2025) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 100600 Sipogas Janji Manahan Kecamatan Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih melakukan pembelajaran secara konvensional dimana guru sering menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terjadi secara monoton. Kemudian siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang sedang berlangsung, serta kondisi kelas yang tidak kondusif, banyaknya siswa yang mengobrol dan tidak memperhatikan pembelajaran. Sehingga dengan adanya permasalahan-permasalahan di atas mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 100600 Sipogas Janji Manahan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Hal ini dibuktikan pada tes awal rata-rata nilai siswa 60,66, kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa 66,66 menjadi 67,33, pada siklus II dari 73,33 menjadi 77,33. Persentase siswa yang tuntas pada tes awal 26,66% kemudian meningkat pada siklus I dari 33,33% menjadi 46,66% dan pada siklus II dari 66,66% menjadi 86,66%. Persentase siswa yang tidak tuntas pada siklus I dari 66,66% menjadi 53,33% dan pada siklus II dari 33,33% menjadi 13,33%. Sesuai dengan indikator tindakan pada skripsi ini, dimana siswa sudah mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 86,66%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 100600 Sipogas Janji Manahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Model pembelajaran discovery learning; Hasil belajar; IPA; Siswa; Kelas III; SD Negeri 100600 Sipogas Janji Manahan; Kecamatan Dolok Sigompulon; Kabupaten Padang Lawas Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:25
Last Modified: 06 Oct 2025 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item