Nasution, Zul Wahidin (2019) Analisis kualitas pelayanan jasa pendidikan pada Pesantren Yusufiah Desa Holbung Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Salah satu instansi pendidikan dan merupakan salah satu sekolah swasta di Desa Holbung Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Sekolah Pondok Pesantren Yusufiah. Pondok Pesantren Yusufiah merupakan pesantren modern karena para santri diwajibkan untuk berasrama dan pondok pesantren Yusufiah menggunakan sistem pendidikan agama dan dipadukan dengan sistem pendidikan umum atau kurikulum karena di era globalisasi sekarang para santri harus mempunyai ilmu pengetahuan umum agar tidak tertinggal dengan sekolah yang umum agar nantinya para santri dapat bersaing pada tingkatan yang selanjutnya. Pesantren ini dalam memberikan pelayanan kepada santri masih ada beberapa yang belum sesuai dengan harapan konsumen/santri. Terlihat dari kurang tanggapnya para guru dalam menyikapi masalah yang dihadapi oleh para santri. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada di Pesantren Yusufiah Desa Holbung Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli. Pelayanan merupakan kegiatan yang ditawarkan oleh Instansi kepada konsumen yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Agar pelayanan yang diberikan Instansi dapat memuaskan konsumen, maka Instansi harus memiliki dasar-dasar pelayanan, bagaimana sikap yang baik untuk melayani konsumen, dan bagaimana ciri-ciri pelayanan yang baik agar konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pihak Instansi. Dalam penelitian ini, teknik yang dipakai dalam menguji menguji kualitas pelayanan atau tingkat kepentingan yaitu Importance Performace Analysis (IPA), sedangkan kepuasan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil perhitungan Importance Performace Analysis menunjukkan atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah yang berada pada kuadran A, yaitu Cepat dalam menyelesaikan masalah murid, dan menerapkan sikap ramah dalam pelayanan. Atribut-atribut yang menjadi prioritas kedua untuk diperbaiki adalah atribut yang berada pada kuadran C, yaitu Keluhan selalu ditanggapi dan Guru Pesantren Yusufiah Desa Holbung mampu berinisiatif menawarkan bantuan kepada murid. Atribut yang dianggap penting dan sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat menjadi aset untuk dikembangkan adalah atribut yang berada pada kuadran B. Selanjutnya melalui perhitungan Costumer Satisfaction Index menghasilkan nilai CSI sebesar73,66% nilai ini terletak pada rentang 0,00 – 0,80 yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan konsumen pada kriteria puas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas pelayanan jasa; pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2020 03:02 |
Last Modified: | 06 May 2020 03:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |