Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan Media Pembelajaran Interktif Canva untuk meningkatkan Apresiasi Seni Musik Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas IV SDN 200 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Siagain, Siti Kholilah (2025) Penerapan Media Pembelajaran Interktif Canva untuk meningkatkan Apresiasi Seni Musik Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas IV SDN 200 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat siswa kelas IV dalam pembelajaran Seni Budaya materi seni musik khususnya budaya lokal Mandailing Natal. Hal ini terjadi karena siswa menganggap budaya lokal sangatlah kuno dan ketinggalan zaman. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan penerapan media interaktif Canva pada mata pelajaran Seni Budaya materi seni musik khususnya budaya lokal di Mandailing Natal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan media pembelajaran interaktif Canva pada mata pelajaran Seni Budaya materi seni musik budaya lokal di Kelas IV dalam meningkatkan apresiasi siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Pada dasarnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan tes angket afektif, dan lembar observasi dengan tehnik analisis data deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran interaktif Canva pada mata pelajaran Seni Budaya materi Seni musik budaya lokal di kelas IV. Hasil belajar apresiasi siswa sebelum diberikan tindakan mendapat nilai rata-rata 60% dengan persentase ketuntasan 25%. Setelah guru menggunakan media pembelajaran interaktif Canva apresiasi siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan ke-1 hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 66% dengan persentase 43,75%, pada siklus I pertemuan ke-2 apresiasi siswa meningkat dengan nilai rata-rata 70,5% dengan persentase 56,25%. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 78,25% dengan persentase 75%, dan pada siklus II pertemuan ke-2 apresiasi siswa semakin meningkat dengan nilai rata-rata 83% dengan persentase 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Canva dapat meningkatkan apresiasi siswa pada materi seni musik budaya lokal di kelas IV SD Negeri 200 Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah,M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Media Pembelajaran; Interktif; Canva; Apresiasi Seni Musik; Budaya Lokal Siswa; Sekolah Dasar; Mata Pelajaran Seni Budaya; Kelas IV; SDN 200; Kotanopan; Kabupaten Mandailing Natal
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120101 Architectural Design > 12010114 Architecture as Music/other Arts (Associatiation with Other Arts)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:27
Last Modified: 20 Oct 2025 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item