Siregar, Meliyana (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas V MIS Nurul Huda Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (14MB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda dalam mata pelajaran IPA tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. IPA merupakan salah satu mata pelajaran penting yang wajib dipelajari di jenjang sekolah dasar. Pemahaman konsep perubahan wujud benda dapat mendorong peserta didik menjadi lebih aktif dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda di kelas V MIS Nurul Huda, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas V, terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda. Pada pra-siklus, hanya dua peserta didik (10%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 43,5%. Pada pertemuan pertama siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 30% (6 peserta didik) dengan nilai rata-rata 52%. Pada pertemuan kedua siklus I, rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 64%, dan ketuntasan mencapai 50% (10 peserta didik). Kemudian, pada pertemuan pertama siklus II, nilai rata-rata naik menjadi 69,5%. Akhirnya, pada pertemuan kedua siklus II, nilai rata-rata mencapai 81% dengan 18 peserta didik (90%) yang mencapai ketuntasan belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
| Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar; IPA; Perubahan Wujud Benda; Kelas V; MIS Nurul Huda; Kecamatan Torgamba; Kabupaten Labuhanbatu Selatan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:25 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:25 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
