Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran (PAI) Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan

Ismi, Nabila (2025) Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran (PAI) Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100332.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta pengaruhnya terhadap pemahaman siswa di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan. Studi ini menginvestigasi bagaimana penerapan TIK dapat meningkatkan efektivitas pengajaran PAI. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara interaktif menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis taksonomi diterapkan untuk mengkategorikan berbagai bentuk pemanfaatan TIK seperti media digital, aplikasi edukatif, dan sumber belajar daring. Keabsahan data dipastikan melalui keterlibatan peneliti yang diperpanjang, pengamatan mendalam, triangulasi (sumber dan metode), serta validasi anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memainkan peran yang cukup penting dalam mendukung proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur. Penggunaan TIK mempermudah siswa dalam mengakses berbagai sumber belajar seperti Moodle, Quizizz, Kahoot!, dan aplikasi Al-Qur’an digital, serta membantu kelancaran komunikasi antara guru dan siswa melalui grup WhatsApp dan forum Moodle. Pemanfaatan media interaktif seperti video, animasi, dan kuis daring turut meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Selain itu, TIK mendorong kreativitas siswa melalui proyek digital seperti pembuatan presentasi dan video edukatif. Penerapan TIK terbukti memberikan dampak positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penyajian materi yang lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami. Faktor pendukung mencakup ketersediaan perangkat, akses internet, dan semangat guru dalam berinovasi. Namun, keterbatasan jumlah perangkat, ketidakstabilan jaringan, serta keterampilan teknologi yang masih rendah di kalangan siswa menjadi tantangan yang perlu ditangani secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Asriana Harahap,M.Pd
Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi; Pendidikan Agama Islam; SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur; Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:53
Last Modified: 16 Oct 2025 04:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item