Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kognitif siswa dan keterampilan proses sains fisika melalui model project based learning di Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Kuala Lumpur Malaysia

Siregar, Fahma Yusmita (2025) Peningkatan kognitif siswa dan keterampilan proses sains fisika melalui model project based learning di Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Kuala Lumpur Malaysia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120900009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Metode pembelajaran di dalam kelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran, sehingga guru harus mampu menggunakan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran, dengan itu dapat meningkatkan kognitif siswa dan keterampilan proses sains fisika siswa melalui model Project Based Learning. Model Project Based Learning diartikan sebagai model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menekankan pada pemecahan masalah melalui pengerjaan proyek dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kognitif siswa dan keterampilan proses sains fisika siswa. Subjek penelitian ini kelas Menengah Dua Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Kuala Lumpur Malaysia yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, butir soal tes kognitif siswa dan lembar tes keterampilan proses sains fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kognitif siswa dan keterampilan proses sains fisika. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kognitif siswa yang meningkat dari 58,23 dari pra-siklus menjadi 59,41 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 68,82 pada siklus II. Persentase ketuntasan kognitif siswa meningkat dari 29% pada pra-siklus menjadi 47% pada siklus I, hingga mencapai 76% pada siklus II. Nilai rata-rata keterampilan proses sains fisika siswa meningkat dari 59,02 pada siklus I menjadi 76,88 pada siklus II. Persentase ketuntasan keterampilan proses sains fisika siswa meningkat dari 53% siklus I menjadi 82% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kognitif siswa dan keterampilan proses sains fisika melalui model Project Based Learning di Maahad Tahfiz Baitul Ehsan Al-Khairi Kuala Lumpur Malaysia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M. Si dan Yenni Khairani Lubis,M.Sc
Keywords: Project based learning, Kognitif siswa, Keterampilan proses sains fisika, Usaha dan energi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:42
Last Modified: 16 Oct 2025 04:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12625

Actions (login required)

View Item View Item