Siregar, Hipja Urba Wahyuni (2025) Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi ekosistem kelas V SDN 102020 Paya Baung Kecamatan Ujung Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500193.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi ekosistem. Hal ini dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, seperti model pembelajaran yang digunakan dalam kelas kurang bervariasi, guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja saat mengajar. Sehingga rumusan masalah ini dirumuskan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem Kelas V di SDN 102020 Paya Baung Kecamatan Ujung Batu.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem Kelas V di SDN 102020 Paya Baung Kecamatan Ujung Batu dengan penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 102020 Paya Baung Kecamatan Ujung Batu yang terdiri dari 20 orang siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan model rotating trio exchange (RTE) hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai siswa mulai dari pretes dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 20% (4 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 47,5 menjadi siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa 30% (6 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata 63, siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa 45% (9 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata 69,5, dan siklus II pertemuan I persentase ketuntasan siswa 65% (13 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 76, siklus II pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 85% (17 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata 81,5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem kelas V di SDN 102020 Paya Baung Kecamatan Ujung Batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M. Pd dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M. Pd |
Keywords: | Rotating Trio Exchange (RTE), Hasil belajar, Ekosistem, Model pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:57 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |