Nst, Hopipa Indah Purnama Sari (2025) Upaya guru meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1820100061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitin ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsisimpuan, apa saja faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsisimpuan. Penelitian ini adalah fokus bagaimana upaya guru meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Negeri Padangsidimpuan. Hal ini dilakukan berdasarkan observasi dan wawancara secara langsung oleh peneliti. Jenis penelitan yang digunakan dalam penenlitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah bentu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu gejala-gejala yang ada, baik itu gejala yang bersifat alamiah ataupun yang bersifat non alamiah. Metode pengumpulan data dalam penenlitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padangsidimpuan dilakukan dengan membiasakan siswa untuk shalat berjamaah, membiasakan siswa untuk selalu berdo’a. kecerdasan spiritual siswa kelas VIII sudah cukup baik, terlihat dari sikapnya dalam pelaksanaan ibadah, adanya kesadaran diri untuk beribadah tidak perlu untuk ditegur, serta memiliki rasa empati terhadap sesama, dan perubahan tingkah laku dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Adapun faktor pendukung dari upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual adalah adanya kerjasama yang baik antara guru PAI dengan kepala sekolah dan guru lain, serta terfasilitasinya sarana dan prasarana di sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri siswa, kemudian faktor lingkungan pergaulan yang kurang mendukung yang dipicu oleh kurangnya kesadaran orang tua dalam memberikan pengawasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. Zulhammi, M.Ag. M.Pd |
Keywords: | Guru; Meningkatkan kecerdasan spiritual; Siswa; Pembelajaran PAI; SMP N 1 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:50 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |