Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa indonesia pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100402 Tapus Desa Pargarutan Dolok Kabupaten Tapanuli Selatan

Oktaviani, Silva (2024) Gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa indonesia pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100402 Tapus Desa Pargarutan Dolok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SILVA OKTAVIANI pdf - Azlan Khoirullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan batasan masalah dalam penelitian bahwa gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas VI sekolah dasar negeri 100304 Tapus, bahwa penelitian ini dilatar belakangi Siswa yang lamban dalam proses belajar seperti siswa yang tidak mampu mengingat dan kurang memahami materi yang disampaikan guru saat berlangsungnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia, serta siswa kurang aktif dalam belajar, tidak mengerjakan tugas dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri 100304 Tapus tahun ajaran 2022-2023. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelasVI Sekolah Dasar Negeri 100304 Tapus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Adapun informan yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri 100304 Tapus, Desa Pargarutan Dolok, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan tahun ajaran 2022/2023 siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori mayoritas lebih suka saat guru menjelaskan sambil memperlihatkan gambar. Seperti yang kita ketahui bahwa visual lebih cenderung kepada penglihatan sedangkan auditori cenderung kepada pendengaran. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap siswa kelas VI dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia memiliki kecenderungan pada salah gaya belajar visual dan auditori. Hasil wawancara dengan sebagian siswa bahwa di kelas VI gaya belajar yang paling menonjol digunakan siswa adalah gaya belajar visual dan auditori. Hal ini disebabkan karena siswa lebih suka belajar dengan cara melihat gurunya menjelaskan di depan dan juga siswa saat di dalam kelas lebih suka membaca dengan disertai gambar terkait dari bacaan ataupun materi pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M. Pd dan Asriana Harahap, M.Pd.
Keywords: Gaya belajar siswa; Proses pembelajaran; Bahasa Indonesia; Desa PArgarutan Dolok, Tapsel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:03
Last Modified: 02 Oct 2025 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item