Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media bingo dengan scramble untuk mengembangkan pemahaman siswa materi kalimat lengkap (SPOK) pada pembelajaran bahasa indonesia Kelas V SDN 100980 Nagasaribu

Siregar, Indryani (2025) Pemanfaatan media bingo dengan scramble untuk mengembangkan pemahaman siswa materi kalimat lengkap (SPOK) pada pembelajaran bahasa indonesia Kelas V SDN 100980 Nagasaribu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500229.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman merupakan suatu kemampuan untuk menjelaskan dengan benar mengenai objek yang diketahui dan menginterpretasikan materi secara jelas. Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 100980 Nagasaribu kurang efektif sehingga siswa kurang fokus dan antusias dalam belajar. Siswa kesulitan dalam mempolakan, mengkategorikan, mencontohkan dan menjelaskan unsur kalimat lengkap (SPOK). Selain itu, guru kurang memanfaatkan model pembelajaran yang tersedia sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Kondisi tersebut memicu rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat lengkap (SPOK). Media pembelajaran yang kurang memadai dalam proses pembelajaran di kelas meyebabkan siswa kurang tertarik dan jenuh untuk belajar sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia kurang optimal. Dengan adanya pemanfaatan media bingo dengan scramble, diharapkan siswa memahami materi dengan mudah dan mengembangkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pemahaman siswa terhadap materi kalimat lengkap (SPOK) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus berdaur dengan empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), serta data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pemahaman siswa mengalami perkembangan. Pada prasiklus persentase ketuntasan sebesar 33,33%, siklus I pertemuan I sebesar 50%, siklus I pertemuan II sebesar 66,67%, siklus II pertemuan I sebesar 83,33% dan siklus II pertemuan II sebesar 94,44%. Oleh karena itu, pemanfaatan media bingo dengan scramble dapat mengembangkan pemahaman siswa materi kalimat lengkap (SPOK) pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 100980 Nagasaribu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angaraini Lubis, M.Hum
Keywords: Media bingo; Scramble; Pemahaman siswa; Materi kalimat lengkap (SPOK); Pembelajaran bahasa indonesia; Kelas V SDN 100980 Nagasaribu
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:47
Last Modified: 13 Oct 2025 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item View Item