Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbandingan minat beli konsumen terhadap sepeda motor Beat dan Vario (studi kasus pada konsumen sepeda motor Beat dan Vario di Kecamatan Barumun)

Dalimunthe, Netti Hairani (2018) Analisis perbandingan minat beli konsumen terhadap sepeda motor Beat dan Vario (studi kasus pada konsumen sepeda motor Beat dan Vario di Kecamatan Barumun). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Manusia di era dewasa ini hidup dengan aktivitas yang beragam, untuk melalui segala aktivitasnya manusia membutuhkan sarana yang memudahkan dan meringankan. Hal ini, membuka mata para pengusaha otomotif terutama di bidang sepeda motor untuk mengambil peluang dengan menciptakan sarana transportasi yang mana sangat banyak dibutuhkan konsumen di jaman modern ini. Oleh karena itu, sepeda motor telah menjadi sarana transportasi yang sangat dekat dalam keseharian masyarakat. Sepeda motor merupakan alat transportasi roda dua yang efisien, efektif, dan ekonomis serta terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada perbedaan minat beli konsumen terhadap sepeda motor Beat dan sepeda motor Vario. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan analisis perbandingan minat beli sepeda motor Beat dan sepeda motor Vario. Sehubungan dengan itu, teori pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan kualitas produk, harga, dan merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Beat dan pengguna sepeda motor Vario. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Accidental Sampling untuk menentukan ukuran sampel dari populasi yang tidak diketahui dengan melalui cara convenien sampling maka terpilih 100 orang sampel. Sampel untuk sepeda motor Beat sebanyak 50 responden dan sepeda motor Vario sebanyak 50 responden. Kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi 23. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis uji beda. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta uji hipotesis Independent Samples T Test. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, Terdapat perbedaan yang signifikan Minat Beli Konsumen terhadap sepeda motor Beat dan sepeda motor Vario dari segi kualitas produk. Dan diketahui bahwa kualitas produk sepeda motor Beat lebih berkualitas dibandingkan sepeda motor Vario. Terdapat perbedaan yang signifikan Minat Beli Konsumen terhadap sepeda motor Beat dan sepeda motor Vario dari segi harga. Dan diketahui bahwa harga sepeda motor Beat lebih terjangkau konsumen dibandingkan sepeda motor Vario. Terdapat perbedaan yang signifikan Minat Beli Konsumen terhadap sepeda motor Beat dan sepeda motor Vario dari segi merek. Dan diketahui bahwa merek sepeda motor Beat lebih familiar di mata masyarakat dibandingkan sepeda motor Vario.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas Produk; Harga; Merek; Minat Beli Konsumen
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 05 May 2020 13:46
Last Modified: 03 Jun 2020 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item