Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media permainan monopoli untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas IV SD Negeri 03 Gunung Tuleh

Nurhamidah, Nurhamidah (2025) Pengembangan media permainan monopoli untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas IV SD Negeri 03 Gunung Tuleh. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media dalam pembelajaran PPKn dan juga penyampaian materinya sangat monoton. Sehingga hal ini menyebabkan siswa mudah merasa jenuh dan mudah bosan dalam belajar sehingga dapat menurunkan pemahaman siswa terhadap materi makna hubungan simbol dengan sila Pancasla dan akan menyebabkan turunnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka media berupa permainan monopoli yang dapat menarik minat dan perhatian siswa sehingga tidak mudah bosan serta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi makna hubungan simbol dengan sila pancasila. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV SD Negeri 03 Gunung Tuleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan model ADDIE ( Analisys, design, development, implementation, eavaluation), penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Gunung Tuleh dengan subjek uji coba produk di kelas IV SD berjumlah 18 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari empat ahli yaitu ahli materi diperoleh hasil persentase total sebesar 94%. Ahli media memperoleh hasil Hasil perentase total 100% dengan kategori valid, dan dari ahli bahasa diperoleh hasil persentase total 98% dengan kategori sangat valid, maka total keseluruhan hasil persentase sebesar 97%. Hasil minat belajar siswa terhadap media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan dinyatakan efektif melalui lembar angket minat siswa dengan beberapa aspek yaitu aspek perasaan senang persentasenya 77%, ketertarikan siswa persentasenya 78%, ketertarikan siswa persentasenya 65%, perhatian siswa persentasenya 74% dan skor penilaian dari keseluruhan aspek sebesar 73% dengan kategori efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M. Pd
Keywords: Pengembangan media; Permainan monopoli; Minat belajar; Siswa; Mata pelajaran; PPKn; Kelas IV SD Negeri 03 Gunung Tuleh
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:50
Last Modified: 13 Oct 2025 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item