Lubis, Siti Aisyah (2025) Penerapan model teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah di Kelas V SD Negeri 100601 Pintu Padang. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120500135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan sikap ilmiah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan masih berpusat pada guru (Teacher center). Maka, perlu adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran teams games tournament. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah pada siswa kelas V SDN 100601 Pintu Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model teams games tournament akan dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di SDN 100601 Pintu Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 100601 Pintu Padang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajan teams games tournamet dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada prasiklus rata-rata 47% dan ketuntasan sebesar 25%. Pada siklus I pertemuan I menjadi skor rata-rata siswa 50% dan ketuntasan sebesar 33%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata nilai siswa 68% dan ketuntasan siswa 44%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa 78% dan ketuntasan siswa 63%. Sedangkan siklus II pertemuan II rata-rata nilai siswa 89% dan ketuntasan siswa 81%, dan peningkatan sikap ilmiah dibuktikan dari skor rata-rata pre-test sikap ilmiah, yaitu 49,68 % dan dari skor rata-rata post-test yaitu, 79,93%. Peningkatan sikap ilmiah siswa melalui perhitungan N-gain diklasifikasikan masuk kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah di kelas V SDN 100601 Pintu Padang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd |
Keywords: | Model teams games tournament; Hasil belajar; IPA; Sikap ilmiah; Kelas V SD Negeri 100601 Pintu Padang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |