Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen melakukan pembelian (studi kasus UD. Salacca Desa Aek Nabara Parsalakan)

Hasibuan, Juita (2018) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen melakukan pembelian (studi kasus UD. Salacca Desa Aek Nabara Parsalakan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen yang meliputi budaya dan merek, serta aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh budaya dan merek terhadap keputusan pembelian pada UD. Salacca yang berada di Desa Aek Nabara Parsalakan. Budaya dan merek merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, selain budaya dan merek banyak faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 69 yang diambil dari konsumen UD. Salacca yang berada pada Desa Aek Nabara Parsalakan dengan menggunakan rumus jumlah populasi tidak diketahui. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian di analisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa nilai R Square sebesar 0,483 atau sama dengan 48,3%. Berarti hanya 48,3% variabel budaya dan merek yang memengaruhi keputusan pembelian sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel budaya dan merek yaitu sebesar 51,7%. Variabel budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian karena nilai > (3,614>1,996). Variabel merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian karena nilai > (4,705>1,996). Secara simultan variabel budaya dan merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan uji F, dengan Fhitung > Ftabel (30,791>314).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Budaya; Merek; Keputusan Pembelian
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 05 May 2020 13:42
Last Modified: 03 Jun 2020 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item