Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model discovery learning berbantuan media simulasi phet pada materi pecahan senilai terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Herianto, Ramadhan (2025) Pengaruh model discovery learning berbantuan media simulasi phet pada materi pecahan senilai terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120200014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Pembelajaran Matematika seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam menemukan konsep pembelajaran. Melalui model discovery learning, siswa diarahkan untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran. Untuk menemukan konsep pembelajaran tersebut, diperlukan media yang efektif, menarik, dan mudah digunakan. Media simulasi PhET merupakan media simulasi, yang dapat memberikan pemahaman konsep pembelajaran matematika dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan senilai di kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari sepuluh kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek kognitif berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal yang sudah dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model discovery learning berbantuan media simulasi PhET mengalami peningkatan . Hal ini membuktikan bahwa model discovery learning berbantuan media simulasi PhET telah berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan senilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd
Keywords: Model discovery learning; Media simulasi phet; Hasil belajar; Pecahan senilai
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:03
Last Modified: 07 Nov 2025 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12573

Actions (login required)

View Item View Item