Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat beli makanan halal dengan Fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) sebagai variabel moderating

Bimantoro, Rizky Aditya (2025) Determinan minat beli makanan halal dengan Fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) sebagai variabel moderating. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140200091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kota Padangsidimpuan merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Utara, memiliki jumlah penduduk sebesar 236.217 jiwa. Dari total keseluruhan, generasi Z berjumlah 62.210 jiwa. Pada saat ini usia generasi Z berada pada rentang usia 14-29 tahun, umumnya generasi Z menggunakan teknologi modernisasi seperti sosial media. Saat ini di Kota padangsidimpuan sudah semakin banyak bermunculan beragam makanan yang digandrungi oleh generasi Z. Mulai dari makanan olahan, makanan kemasan hingga makanan cepat saji yang menjadi tren di Kota Padangsidimpuan. Tidak jarang makanan tersebut belum sesuai dengan kehalalan makanan menurut syariat Islam. Kebanyakan dari makanan-makanan tersebut sangat diminati oleh generasi Z akibat pengaruh dari iklan makanan dan minuman di media sosial. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh label halal, kesadaran halal dan harga terhadap minat beli makanan halal, dengan fenomena FoMO sebagai variabel moderasi pada Generasi Z di Kota Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior yang menyatakan minat individu terbentuk dari sikap, norma sujektif, dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM) dan alternatif Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian adalah Generasi Z di Kota Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli makanan halal (2) kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap minat beli makanan halal (3) harga tidak berpengaruh terhadap minat beli makanan halal (4) Fenomena FoMO tidak memoderasi pengaruh label halal terhadap minat beli makanan halal (5) Fenomena FoMO tidak memoderasi pengaruh kesadaran halal terhadap minat beli makanan halal (6) Fenomena FoMO tidak memoderasi pengaruh harga terhadap minat beli makanan halal pada generasi Z di Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari lubis, M.A dan Samsuddin Muhammad, S. E, M. Si
Keywords: Determinan; Minat beli makanan halal;Fenomena Fear Of Missing Out (FOMO); Variabel moderating
Subjects: 09 ENGINEERING > 0908 Food Sciences > 090805 Food Processing
09 ENGINEERING > 0908 Food Sciences > 090899 Food Sciences not elsewhere classified
09 ENGINEERING > 0908 Food Sciences
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:35
Last Modified: 09 Oct 2025 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item View Item