Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sbdp untuk siswa kelas V Mis Al-Ma’rif Riyadusshalihin Pudun Jae Kota Padangsidimpuan

Mardianti, Mardianti (2025) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sbdp untuk siswa kelas V Mis Al-Ma’rif Riyadusshalihin Pudun Jae Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di kelas V MIS Al-Ma’rif Riyadusshalihin masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan belum mampu mendorong siswa untuk aktif, kreatif, dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP melalui penerapan model PjBL. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa sebesar 37 dengan ketuntasan 14,28%. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 47,14 dengan ketuntasan 28,57%. Pada siklus II pertemuan kedua, nilai rata-rata mencapai 87,14 dengan ketuntasan 92,85%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP. Model ini mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang berbasis proyek dan kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Nahriyah Fatah, S.Ag.,M.Pd dan Rahmadani Tanjung. M.Pd
Keywords: Penerapan model project based learning; Hasil belajar siswa; Mata pelajaran SBDP
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:39
Last Modified: 09 Oct 2025 03:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12562

Actions (login required)

View Item View Item