Hasibuan, Riswandi (2025) Pengembangan e-LKPD berbantuan liveworksheets untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika aritmatika kelas X SMAN 1 Padang Bolak Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120200016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika aritmatika pada siswa kelas X di SMAN 1 Padang Bolak Julu, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran masih berpusat pada penyampaian materi secara pasif, seperti penggunaan video tanpa interaksi langsung, sehingga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar, di mana sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, keterbatasan akses terhadap sumber belajar yang hanya tersedia di kelas semakin memperburuk pemahaman siswa terhadap konsep aritmatika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbantuan Liveworksheets sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi aritmatika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X SMAN 1 Padang Bolak Julu yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan simple random sampling. Instrumen penelitian meliputi angket validasi ahli, angket kepraktisan, serta tes pemahaman konsep untuk mengukur efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbantuan Liveworksheets memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, sebagaimana dinilai oleh ahli materi (90,66%), ahli media (87,14%), dan ahli bahasa (100%). Dari aspek kepraktisan, guru memberikan respons positif dengan tingkat keterterimaan 96%, sementara siswa memberikan penilaian sebesar 90,02%, menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas E-LKPD ini juga dibuktikan melalui peningkatan rata-rata skor siswa, dari 56 pada tes pra menjadi 88,6 pada tes pasca, dengan peningkatan rata-rata sebesar 32,6 poin. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbantuan Liveworksheets memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran digital interaktif ini dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | e-LKPD; Liveworksheets; Matematika; Aritmatika; SMAN 1 Padang Bolak Julu |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |