Azizah, Nur (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs.TI Paraman Ampalu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100139.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan serta minat belajar siswa berkurang karena siswa bersifat pasif dalam belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs.TI Paraman Ampalu. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam mengusai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Kooperatif tipe jigsaw ini didesain untuk meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan tetapi juga harus memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya. Minat belajar adalah kecenderungan atau ketertarikan seseorang terhadap suatu materi atau kegiatan belajar. Minat belajar siswa merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang tercapainya efektivitas proses pembelajaran, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang bersangkutan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tersebut membuat minat belajar akidah akhlak siswa menjadi meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperimen yaitu membagi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, dengan pengambilan sampel total sampling yaitu 40 siswa. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Independen Sample T Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap minat belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs.TI Paraman Ampalu. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji hipotesis dengan taraf alfa kesalahan 0,05 dan dkn = (20+20)-2 = 38 menerangkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 2,074 > 1,72472. Dari hasil perhitungan tersebut terbukti bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M.A dan Fitri Rayani Siregar, M.Hum |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif tipe jigsaw; Minat belajar; Akidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:46 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |