Hasibuan, Maryam (2025) Strategi peningkatan kemampuan membaca al-qur’an di Ma’had Al-Jami’ah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920100215.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah diketahui masih ada mahasantriah yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an dan kurangnya penguasaan ilmu tajwīd seperti pengucapan makhārijul huruf hijaiyah, sifatul huruf, hukum ḥarakāt, dan hukum tanda berhenti dan memulai bacaan. Hal ini dikarenakan kurangnya strategi pembelajaran yang dilakukan dalam Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantriah. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan proses pembelajaran membaca Al-Qur’an mahasantriah dan untuk mengetahui strategi Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantriah di Ma’had Al-Jami’ah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had disesuaikan dengan tingkat kompetensi mahasantriah, urutan materi yang terarah yang dimulai dari dasar dan secara bertahap ditingkatkan, sehingga memudahkan mahasantriah dalam memahaminya, dan evaluasi. Kemudian Strategi yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had menunjukkan beberapa strategi efektif, antara lain tahsin (koreksi bacaan﴿, muraja’ah (pengulangan﴿, penggunaan media yang bervariatif, dan penerapan beragam metode (kelompok, talaqqi, baghdadiyah, qiraati﴿. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasantriah terlihat signifikan setelah mengikuti pembelajaran di Ma’had, dengan peningkatan kepercayaan diri, kelancaran dan pemahaman tajwid. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had telah dilaksanakan dengan perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kompetensi Mahasantriah. Evaluasi proses pembelajaran Al-Qur’an juga telah dilaksanakan, untuk memantau perkembangan Mahasantriah. Oleh karena itu, proses pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had dapat dikatakan efektif dan efisien. Kemudian Ma’had telah berhasil menerapkan strategi yang efektif dalam peningkatan kemampuan membaca Mahasantriah, bahwa kombinasi strategi dan metode yang bervariatif memberikan hasil peningkatan kepercayaan diri, kelancaran dan pemahaman tajwid mahasantriah yang menunjukkan keberhasilan strategi yang diterapkan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasantriah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Roihan Daulay, M. A dan Irsal Amin Siregar, M. Pd. I |
Keywords: | Strategi; Kemampuan membaca al-qur’an; Ma’had Al-Jami’ah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |