Pranata, Kiki Tandra (2025) Nilai-nilai pendidikan akidah dalam al-qur’an surah al-baqarah ayat 255. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2120100340.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedudukan Surah Al-Baqarah ayat 255 (Ayat Kursi) sebagai ayat paling agung dalam Al-Qur'an yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan akidah. Namun, penelitian terdahulu belum banyak yang fokus mengkaji secara mendalam nilai-nilai tersebut, khususnya dalam konteks pendidikan akidah yang meliputi aspek tauhid (Uluhiyah, Rububiyah, dan Asma wa Sifat). Hal ini menimbulkan kesenjangan dalam literatur keislaman, terutama terkait implementasi nilai-nilai ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akidah dalam QS Al-Baqarah ayat 255 serta menganalisis aspek-aspek tauhid yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Sumber data primer berasal dari Al-Qur’an, terjemahan Al-Qur’an, tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan tafsir Al-Maragi karya Ahmad Musthafa Al-Maragi, sedangkan sumber data sekunder meliputi jurnal, buku, skripsi dan tafsir pendukung. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis konten untuk mengurai tema-tema utama yang berkaitan dengan pendidikan akidah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akidah dalam Ayat Kursi mencakup tauhid Uluhiyah, yaitu penegasan keesaan Allah sebagai satu-satunya yang berhak disembah; tauhid Rububiyah, yaitu pengakuan terhadap Allah sebagai penguasa dan pemelihara seluruh alam semesta; serta tauhid Asma wa Sifat, yaitu pengenalan terhadap sifat-sifat Allah yang sempurna seperti Maha Hidup (Al-Hayy) dan Maha Mengurus (Al-Qayyum). Selain itu, Ayat Kursi juga menekankan keterbatasan manusia, kebergantungan mutlak pada Allah, serta kesadaran terhadap kebesaran dan kekuasaan-Nya. Kesimpulannya, Ayat Kursi merupakan landasan kokoh dalam pendidikan akidah Islam dengan kandungan nilai-nilai tauhid yang komprehensif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi Ayat Kursi dalam kurikulum pendidikan Islam untuk memperkuat pemahaman akidah, serta pengembangan metode pembelajaran kontekstual berbasis tafsir tematik. Implikasinya diharapkan mampu meningkatkan ketakwaan dan keteguhan iman generasi Muslim dalam menghadapi tantangan kehidupan modern
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Hj. Zulhammi, M. Ag. M. Pd dan Dr.Sufrin Efendi Lubis, Lc. M.A |
Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan; Akidah; QS Al-Baqarah Ayat 255 |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |