Daulay, Linny Khiria (2025) Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan teks prosedur siswa Kelas VII Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2121000006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kesalahan berbahasa pada penulisan teks prosedur siswa kelas VII Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan. Faktor yang menyebabkan kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa ialah kompetensi dari siswa yang belum memadai atau kurangnya pemahaman dalam sistem linguistic (ilmu bahasa) yang digunakan, baik itu dari pemakaian huruf kapital dan pemakaian tanda baca. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menggunakan huruf kapital dalam penulisan teks prosedur siswa VII Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan dan bagaimana kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam penulisan teks prosedur siswa kelas VII Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa menggunakan huruf kapital dalam penulisan teks prosedur siswa VII Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan dan bagaimana kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam penulisan teks prosedur siswa kelas VII Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan analisis conten. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan pemakaian huruf kapital, adapun jumlah pada temuan pertama terdapat 204 kesalahan, sedangkan temuan kedua terdapat 58 kesalahan. Penurunan kesalahan pemakaian huruf kapital iini dapat dipersentasikan sekitar 25%. Siswa melakukan kesalahan dalam menulis judul teks dan huruf pertama awal kalimat. Adapun hasil yang didapatkan dari kesalahan pemakaian tanda baca pada temuan pertama terdapat 83 kesalahan, sedangkan temuan kedua terdapat 27 kesalahan. Penurunan memakaian tanda baca dapat dipersentasikan sekitar 35%. Siswa mengalami kesalahan dalam penulisan tanda baca titik (.), pemakaian tanda koma (,), pemakaian tanda titik dua (:), pemakaian tanda kurung ((…)). Kesimpulan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan dalam pemakaian huruf kapital dan pemakaian tanda baca sudah mengalami penurunan kesalahan pada penulisan teks prosedur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Erna Ikawati,M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M. Hum |
Keywords: | Kesalahan berbahasa; Penulisan teks; Siswa; Pondok Pesantren Ma’had Anwarul Istiqomah Tapanuli Selatan |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:04 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |