Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN 173277 Pohan Tonga Kabupaten Tapanuli Utara

Karimah, Ikhfa (2025) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN 173277 Pohan Tonga Kabupaten Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500126..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah dimana Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan siswa. Salah satu mata pelajaran yang penting di SD adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). IPAS merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang alam dan masyarakat, sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan berbasis pada pengalaman siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPAS Kelas IV di SDN 173277 Pohan Tonga Kabupaten Tapanuli Utara, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 173277 Pohan Tonga Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru IPAS kelas IV SDN 173277 Pohan Tonga Kabupaten Tapanuli Utara. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPAS materi bagian tubuh-tumbuhan dan fungsi bagian tubuh-tumbuhan. hal ini tampak pada fasilitas sekolah berupa taman sekolah, kebun mini sekolah, dan apotik hidup sekolah, namun dalam proses pembelajaran yang dilakukan Guru IPAS, guru hanya memanfaatkan taman sekolah dan kebun mini sekolah saja dalam pembelajaran dan guru masih banyak melakukan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Seharusnya guru juga memanfaatkan apotik hidup sebagai sumber belajar agar peserta didik dapat lebih banyak mengetahui berbagai jenis tanaman dan manfaat tanaman yang ada di apotik hidup sekolah, kemudian guru seharusnya lebih banyak memanfaatkan waktu di luar kelas agar siswa lebih banyak waktu untuk mengamati tumbuhan yang ada di sekitar sekolah. Faktor penghambat berkembangnya kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan dalam pembelajaran IPAS adalah keterbatasan waktu, perubahan cuaca dan perubahan kondisi siswa. Dan adapun solusinya yaitu guru agar lebih memaksimalkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan lebih kreatif memanfaatkan fasilitas sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd.
Keywords: Lingkungan sekitar; Sumber Belajar; Mata Pelajaran IPAS; Kelas IV; SDN 173277 Pohan Tonga; Kabupaten Tapanuli Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:38
Last Modified: 06 Aug 2025 09:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item