Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Al-Ghazali: kajian analisis teks Kitab Ihya ‘Ulumuddin

Laily, Mutia Hikmatul (2025) Konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Al-Ghazali: kajian analisis teks Kitab Ihya ‘Ulumuddin. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100289..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan untuk peran mereka di masa depan. Pendidikan akhlak adalah usaha sadar dan terencana untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang di internalisasikan kedalam diri peserta didik, sehingga diharapkan akan terbentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Imam Al-Ghazali adalah seseorang yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu dibidang keagamaan. Perkembangan zaman yang semakin pesat ditandai dengan semakin merosotnya akhlak di kalangan masyarakat, terutama generasi muda, yang berdampak pada berbagai persoalan sosial. Hal inilah yang melatar belakangi Penulis untuk mengkaji lebih dalam mengenai Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali (Kajian Analisis Teks Kitab Ihya ‘Ulumudiin). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research dengan sumber data primer seperti Ihya Ulumuddin jilid 3 yang merupakan karya Al-Ghazali. Sedangkan sumber sekunder seperti Karya Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin Menghidupkan Kembali Ilmu-ilmu Agama, karya Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Karya Zakiyah Derajat, Ilmu Pendidikan Islam, dll. Hasil penelitian diketahui bahwa Pemikiran Imam Al-Ghazali mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ihya Ulumuddin ada 10 yaitu 1. Pendidikan Akhlak tentang Keajaiban Hati. 2. Latihan Jiwa, Mengendalikan Dua Syahwat. 3. Bahaya Lisan. 4. Mengendalikan Marah. 5. Dendam, dan Dengki. 6. Tercelanya Dunia. 7. Tercelanya Sifat Kikir dan Cinta Harta. 8. Tercelanya Kedudukan dan Riya. 9. Tercelanya Ujub dan Takabur. 10. Tercelanya Tertipu. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar konsep akhlak yang diajarkan Al-Ghazali bisa menjadi inspirasi dan acuan dalam pengembangan pendidikan karakter di era modern, baik bagi pendidik, orang tua, maupun para pelajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Abdusima Nasution, M.A.
Keywords: Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Imam Al-Ghazali.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220311 Philosophical Psychology (incl. Moral Psychology and Philosophy of Action)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:37
Last Modified: 06 Aug 2025 09:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item