Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pesantren dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Darul Hikmah Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah

Zai, Agus Neni (2025) Upaya guru pesantren dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Darul Hikmah Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kenakalan siswa merupakan fenomena perilaku menyimpang yang sering terjadi di kalangan pelajar pada berbagai tingkatan pendidikan seperti melanggar aturan sekolah yang menimbulkan keresahan dan mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kenakalan siswa kelas IX MTs Darul Hikmah Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah? Apa upaya yang dilakukan guru pesantren dalam mengatasi kenakalan siswa kelas IX MTs Darul Hikmah Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah? Dan apa saja kendala yang dihadapi guru pesantren dalam mengatasi kenakalan siswa kelas IX MTs Darul Hikmah Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah?. Tujuan penelitian ini mengetahui keadaan kenakalan siswa kelas IX MTs Darul hikmah, upaya apa saja yang dilakukan guru pesantren dalam mengatasi kenakalan siswa kelas IX MTs Darul Hikmah dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru pesantren dalam mengatasi siswa kelas IX MTs Darul Hikmah Sirandorung. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah guru kepala sekolah, guru bimbingan konseling, guru umum, guru pendidikan agama islam dan 5 orang siswa MTs Darul Hikmah Sirandorung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan kenakalan siswa dapat diklasifikasikan menjadi 5 bentuk, ribut di kelas, berpakaian tidak rapi, alpa dan bolos di sekolah, membawa HP dan tidak sholat berjamaah. Dalam menangani kenakalan siswa kelas IX guru memberikan peringatan, memberikan nasehat dan tindakan represif. Adapun kendala yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah faktor dari diri sendiri, faktor keluarga, faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdusima Nasution, M.A. dan Ira Aniati, M.Pd.I.
Keywords: Guru pesantren; Kenakalan siswa; MTs Darul Hikmah; Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:32
Last Modified: 06 Aug 2025 09:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item