Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh live streaming shopping tikTok dan kepercayaan konsumen online terhadap keputusan pembelian

Sari, Febriana (2025) Pengaruh live streaming shopping tikTok dan kepercayaan konsumen online terhadap keputusan pembelian. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
FEBRIANA SARI PDF - Febriana Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Keputusan pembelian di TikTok shop menduduki peringkat kedua terbanyak digunakan pada tahun 2024, namun keputusan pembelian di TikTok memberikan dampak negatif diantaranya seperti risiko kualitas produk yang dibeli tidak sesuai dengan harapan atau deskripsi karena pembelian di TikTok shop sering kali didorong oleh adanya manipulasi visual atau promosi kreator, ada risiko bahwa produk terlihat lebih menarik dalam video daripada kenyataannya. Kualitas produk bisa berbeda dari yang terlihat, terutama jika deskripsi produk kurang lengkap yang berpotensi merugikan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh live streaming shopping TikTok dan kepercayaan konsumen online secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel penelitian sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji Reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh live streaming shopping TikTok terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan, terdapat pengaruh kepercayaan konsumen online terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan, dan terdapat pengaruh live streaming shopping TikTok dan kepercayaan konsumen online secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan H. Ali Hardana, M.Si
Keywords: Live Streaming; Shopping TikTok; kepercayaan; Konsumen online; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:20
Last Modified: 06 Aug 2025 09:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12460

Actions (login required)

View Item View Item