Harahap, Eka Ermayanti (2025) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan moralitas siswa Di SMP Negeri 3 Kota Padangsidimpuan. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100083.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa di SMP Negeri 3 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pendidikan agama Islam memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan moral siswa. Pendidikan ini tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan agama, tetapi juga untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Guru pendidikan agama Islam, sebagai pelaksana utama pendidikan ini, memiliki tanggung jawab besar dalam membimbing siswa menuju pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru agama Islam mengacu pada berbagai konsep dan prinsip yang menggambarkan bagaimana guru agama Islam seharusnya menjalankan tugasnya dalam mendidik dan membimbing siswa dalam konteks ajaran agama Islam. Guru agama Islam memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan nilai-nilai akhlak dan etika Islam kepada siswa. Ini termasuk membimbing siswa dalam mengembangkan karakter yang baik, seperti kejujuran, kesabaran, dan rasa tanggung jawab. Guru agama Islam juga berperan dalam memotivasi dan menginspirasi siswa untuk mencintai agama dan menjalankannya dengan penuh kesadaran. Ini termasuk membantu siswa mengatasi tantangan spiritual dan emosional yang mereka hadapi. Selain mengajarkan ajaran agama, guru agama juga mendukung perkembangan spiritual siswa. Ini dapat melibatkan bimbingan dalam doa, ibadah, dan hubungan pribadi dengan Allah. Guru agama juga membantu siswa memahami dan menjalankan prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sosial mereka, termasuk berinteraksi dengan sesama dalam masyarakat dengan cara yang baik dan adil. Guru pendidikan agama Islam menghadapi tantangan besar dalam menerapkan dan mengajarkan nilai-nilai moral di tengah lingkungan yang terus berubah. Mereka sering kali harus berhadapan dengan siswa yang kurang motivasi atau dukungan dari lingkungan keluarga dan masyarakat. Meskipun kurikulum pendidikan agama Islam dirancang untuk membentuk karakter dan moral siswa, terdapat kesenjangan antara teori yang diajarkan dan praktik nyata yang diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Supervisors: | Drs.Abdul Sattar Daulay,M.Ag. dan Ade Suhendra.M.Pd.I |
Keywords: | Peran guru; Pendidikan agama islam; Moralitas; Siswa; SMP Negeri 3 Kota Padangsidimpuan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:56 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |