Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas VI di SDN 112324 Pinang Lombang Kabupaten Labuhanbatu Utara

Munthe, Muhammad Ardiansyah (2025) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas VI di SDN 112324 Pinang Lombang Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Metode demonstrasi adalah strategi pembelajaran yang memanfaatkan peragaan untuk membantu memperjelas pemahaman siswa terhadap suatu konsep atau menunjukkan langkah-langkah melakukan suatu kegiatan. Metode ini digunakan untuk menggambarkan proses, situasi, peristiwa, maupun urutan suatu aktivitas tertentu, baik melalui bentuk nyata maupun tiruan dengan bantuan berbagai media. Pendekatan ini sangat bermanfaat bagi guru dalam proses pembelajaran, karena memungkinkan siswa memahami secara langsung dan menirukan apa yang telah dicontohkan oleh guru. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disinyalir akibat kurang variatifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode demonstrasi dipilih karena dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 112324 Pinang Lombang, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode demonstrasi dipilih karena dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit dan interaktif, sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi secara signifikan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data awal penelitian adalah terdapat 9,09% ketuntasan belajar siswa. Setelah dilakukan nuji pada siklus I, hasilnya meningkat menjadi 36,36%, tetapi persentase kelulusan pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 46% yaitu menjadi 82,36%. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Metode demonstrasi; Pendidikan agama islam; Hasil belajar; Siswa Kelas VI; SDN 112324 Pinang Lombang Kabupaten Labuhanbatu Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:55
Last Modified: 06 Aug 2025 08:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item