Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penanaman sifat-sifat Rasul dalam pembelajaran di TK IT AL Kautsar Padangsidimpuan

Siregar, Masrida (2018) Penanaman sifat-sifat Rasul dalam pembelajaran di TK IT AL Kautsar Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penanaman sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT AL Kautsar Padangsidimpuan. Salah satunya stressing pembelajaran pada TK IT Al-Kautsar Padangsidimpuan adalah penanaman sifat-sifat Rasul kepada murid. Upaya ini menarik untuk dikaji melalui penelitian. Oleh karena itu rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana penanaman sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT Al-Kautsar Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas penanaman sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT Al-Kautsar Padangsidimpuan. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Upaya guru dalam menanamkan sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT Al-Kautsar adalah dengan pembiasaan, keteladanan, pengawasan, pengajaran, penghargaan. (2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam menanamkan sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT AL-Kautsar padangsidimpuan, adalah dengan metode cerita, metode Pembiasaan, metode demonstrasi, metode keteladanan. (3) Model pembelajaran yang diperaktikkan guru dalam menanamkan sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT Al-Kautsar Padangsidimpuan adalah menggunakan model pembelajaran sentra. (4) Strategi guru dalam menanamkan sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT Al-Kautsar Padangsidimpuan yaitu dengan strategi pembelajaran melalui bermain, bercerita, bernyanyi. (5) Pendekatan yang digunakan guru dalam menanamkan sifat-sifat rasul dalam pembelajaran di TK IT Al-Kautsar Padangsidimpuan dengan menggunakan beberapa pendekatan yakni pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan dan pendekatan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran; TK; rasul
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 05 May 2020 06:14
Last Modified: 05 May 2020 06:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item