Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis brain based learning (bbl) menggunakan teka-teki silang pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika kelas X MAS Darul Istiqomah Padangsidimpuan

Tanjung, Febri Yanti (2025) Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis brain based learning (bbl) menggunakan teka-teki silang pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika kelas X MAS Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
FEBRI YANTI TANJUNG_TMM_2120200041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran matematika seperti LKPD di sekolah tersebut, di MAS Darul Istiqomah Padangsidimpuan. lebih sering menggunakan buku pegangan guru, serta rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis brain based learning (BBL) menggunakan teka-teki silang pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika kelas X MAS Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan di penelitian ini adalah 4D yang melalui empat tahap di antaranya, Define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Validasi LKPD terdiri dari validasi ahli materi, validasi media, dan validasi ahli Bahasa. Di uji coba di kelas X-B, subjek uji coba dilakukan di MAS Darul Istiqomah Padangsidimpuan yang berjumlah 19 siswa. Ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa masing-masing terdiri dari 2 validator. Hasil dari penelitian ini yaitu LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dari hasil persentase keseluruhan validasi sebesar 87,32% berada dikategori valid. kepraktisan dari seluruh aspek ditunjukkan dengan nilai 85,63% berada dikategori Praktis. Kemudian nilai efektivitas dari seluruh nilai hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai 71% nilai ini didapat dari nilai rata-rata keseluruhan hasil belajar siswa dikategorikan efektif. Dengan demikian dapat dinyatan bahwa LKPD sudah layak, menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T.,M.Si dan A. Naashir M.Tuah Lubis, M.Pd
Keywords: lembar kerja peserta didik; Brain based learning; Teka-teki silang; Barisan dan deret aritmatika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:50
Last Modified: 06 Aug 2025 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item