Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas II MIN 1 Padangsidimpuan

Siregar, Majida Ulfah (2025) Implementasi model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas II MIN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500024..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia, khususnya pada materi Mengenal Perasaan, di kelas II MIN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas II yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang komprehensif mengenai penerapan model Think Pair Share dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model Think Pair Share. Pada tes awal Siklus I, rata-rata nilai kelas adalah 68,75, yang meningkat menjadi 79,06 pada tes akhir Siklus I. Selanjutnya, pada Siklus II, rata-rata nilai kelas kembali meningkat dari 79,37 pada tes awal menjadi 84,06 pada tes akhir. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model Think Pair Share tidak hanya efektif dalam meningkatkan nilai akademik siswa, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan kemampuan berinteraksi secara aktif dalam kelompok. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas II MIN 1 Padangsidimpuan secara signifikan, baik dari segi nilai akademik maupun keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S. Ag., M. Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Model Pembelajaran; Think Pair Share; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia; Siswa Kelas II; MIN 1 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:25
Last Modified: 18 Jul 2025 07:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12410

Actions (login required)

View Item View Item