Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis Siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII Ponpes Alliful Ikhwan SAA Silangkitang

Dewi, Nur Ilmi Puspita (2025) Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis Siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII Ponpes Alliful Ikhwan SAA Silangkitang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200048..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa, yang ditandai dengan kesulitan mereka dalam mengungkapkan, memahami, dan menyelesaikan masalah matematika khususnya pada materi bangun ruang, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, banyak siswa kesulitan menyampaikan ide atau solusi secara jelas, terutama dalam diskusi atau presentasi hasil pekerjaan. Situasi ini diperburuk oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang lebih sering dilakukan guru, sehingga siswa cenderung menjadi pasif dalam pembelajaran, ditambah dengan kurangnya media pendukung pembelajaran interaktif di Ponpes Alliful Ikhwan SAA Silangkitang. Instrumen pada penelitian ini berupa wawancara, lembar validasi angket, lembar angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis pada materi bangun ruang dikembangkan melalui tahap validasi ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diujicobakan kepada siswa kelas VIII-A. Subjek uji coba dilakukan di Ponpes Alliful Ikhwan SAA Silangkitang yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis telah divalidasi oleh 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 86% (sangat valid), ahli desain sebesar 79% (valid), ahli bahasa sebesar 85% (sangat valid). Hasil persentase keseluruhan 83% (sangat valid). Hasil respon guru dan siswa dinyatakan praktis yaitu 85,58%. Selanjutnya pemahaman siswa mengenai bangun ruang pada sub bab pembahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) yang dilihat dari hasil pretest dan posttest menggunakan N-Gain Score dengan hasil 0,57 kriteria sedang (efektif). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa LKPD sudah layak, menarik dan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I, M.Pd.
Keywords: Pengembangan Lkpd; Berbasis Inkuiri; Media Grafis; komunikasi matematis; Siswa; Materi bangun Ruang; Kelas VIII; Ponpes Alliful Ikhwan SAA; Silangkitang
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080103 Computer Graphics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:22
Last Modified: 18 Jul 2025 07:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item