Sagala, Nazly Damayanty (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan google classroom dalam meningkatkan hasil belajar Biologi siswa Kelas X Man Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020800006 - Copy - Nazly Damayanty sagala.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih kurang di bawah nilai kreteria ketuntasan minimal (KKM), dan di sekolah masih selalu menggunakan metode konvensional Model pembelajaran yang kurang inovasi dalam penerapanya terutama model pembelajaran berbasis teknologi seperti Google Classroom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X pada materi Komponen Ekosistem dan Interaksinya di MAN Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian exsperimental research. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes essay yang sudah di validasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajran Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol dimulai pada kondisi yang sama diketahui setelah dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas pada data pretest. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 46.83 dan kelas kontrol = 40.83. Dari hasil analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,50 dan kelas kontrol -83,83. Hasil analisis dengan uji t diperoleh thitung 3,669 dan ttabel 1,67155 maka Ho ditolak dan Ha diterima dari penjelasan di atas, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantaun Google Classroom terhadap hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Google classroom; Hasil belajar; Biologi; Siswa; Kelas X; MAN Tapanuli Selatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:49 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |