Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode kisah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 4 Padang Lawas

Hsb, Henni Rahayu (2025) Penerapan metode kisah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 4 Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
HENNI RAHAYU HSB pdf - Henni Rahayu.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar melalui metode kisah, seorang guru harus mampu menguasai materi- materi serta membimbing dan memfasilitasi siswa agar mereka dapat memahami kemampuan dan kekurangan yang mereka miliki. Kemudian guru juga harus dapat memberikan motivasi serta arahan terhadap siswa agar terdorong untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode kisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kisah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 4 Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru,dan siswa di sekolah MTsN 4 Padang Lawas. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan metode kisah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 4 Padang Lawas yaitu guru mempersiapkan silabus pembelajaran, Rencara Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada siswa, mengatur posisis duduk siswa, mempersiapkan kisah, membawa kisah dengan alur cerita harus memperhatikan intonasi sehingga siswa mampu menghayati dalam bercerita. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN4 Padang Lawas retdapat langkah-langkah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islamyaitu: a. Guru memberikan pembukaan, b. guru melakukan kegiatan inti meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, c. kegiatan penutup yang meliputi refleksi dan penyimpulan kegiatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Muhammad Amin,M.Ag dan Muhammad Yusuf Pulungan,M.A
Keywords: Metode kisah; Motivasi belajar; Siswa; Mata pelajaran sejarah kebudayaan islam; m MTsN 4 Padang Lawas
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:11
Last Modified: 18 Jul 2025 07:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12397

Actions (login required)

View Item View Item