Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh tingakat kepercayaan dan kualiats pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE Padangsidimpuan

Salsabila, Salsabila (2025) Pengaruh tingakat kepercayaan dan kualiats pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SALSABILA ES PDF - Salsa Bila.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih praktis mengubah perilaku konsumen dan kebiasaan berbelanja. Jika sebelumnya penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli secara langsung di pasar tradisional. Saat ini dengan perkembangan teknologi penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi jual beli secara online. Pergeseran perilaku konsumen dalam membeli barang inilah mendorong jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi kini semakin diminati setiap harinya oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Perkembangan perusahaan pengiriman barang ini membawa konsekuensi perkembangan yang sekaligus memberikan peluang yang besar bagi perusahaan pengiriman barang/jasa ekspedisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE Padangsidimpuan. Metode yang dilakukan dalam metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan non propability sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan peneliti yaitu pelanggan JNE Padangsidimpuan. Jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), secara simultan (uji f), dan koefesien secara determinan dengan program spss versi 23. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan hasil thitung (4, 846) > ttabel (0, 2039) sehingga dapat dikatakan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE Padangsidimpuan.. Kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan JNE Padangsidimpuan dengan hasil thitung (3, 063) > ttabel (0, 2039). Serta kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil Fhitung (27, 161) > Ftabel (2,57).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ja’far Nasution,M.E.I dan Risna Hairani Sitompul,M. M
Keywords: Tingakat kepercayaan; Kualiats pelayanan; Kepuasan pelanggan JNE Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:09
Last Modified: 18 Jul 2025 07:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item