Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh digital marketing dan promosi terhadap keputusan pembelian di Koperasi Agrina Desa Parsalakan

Pulungan, Ade Rima Efendi (2025) Pengaruh digital marketing dan promosi terhadap keputusan pembelian di Koperasi Agrina Desa Parsalakan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
perbaikan Ade Rima Efendi Pulungan pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman masyarakat terhadap berbagai produk olahan Koperasi Agrina akibat kurangnya informasi dan promosi melalui media digital. Minimnya pemanfaatan digital marketing secara optimal dalam menjangkau konsumen yang lebih luas, sehingga mayoritas pembelian masih dilakukan secara manual di kios-kios. Akhirnya memberikan dampak yang buruk terhadap keputusan pembelian dimana volume penjualan menurun dari tahun ke tahun, yang menandakan kurangnya daya tarik terhadap produk Koperasi Agrina Desa Parsalakan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh digital marketing dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Koperasi Agrina Desa Parsalakan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Parsalakan, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan direncanakan berlangsung dari Januari hingga April 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 1.650 konsumen Koperasi Agrina Desa Parsalakan pada 2023, dengan sampel 94 responden menggunakan accidental sampling. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan analisis regresi berganda dan uji Signifikansi Simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan antara digital marketing (X1) dan keputusan pembelian (Y) di Koperasi Agrina. Variabel promosi (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan thitung > ttabel. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh digital marketing dan promosi terhadap keputusan pembelian di Koperasi Agrina Desa Parsalakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, M.M dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Pengaruh digital marketing; Promosi; Keputusan pembelian; Koperasi Agrina
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:06
Last Modified: 18 Jul 2025 07:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12388

Actions (login required)

View Item View Item