Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di toko bangunan UD. Nato

Nasution, Mahir Yahdi (2025) Pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di toko bangunan UD. Nato. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
MAHIR YAHDI NASUTION PDF - Mahir Yahdi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Perubahan dunia usaha yang semakin pesat ditandai dengan banyak perusahaan yang bermunculan bergerak dibidang perdagangan. Baik dalam bentuk toko, minimarket, departemen store, pasar swalayan (supermarket), dan usaha perdagangan lain-lain. Hal ini menimbulkan persaingan yang ketat diantara perusahaan dalam menawarkan barang atau jasa pada konsumen.hal yang perlu dipertimbangkan oleh suatu perusahaan diantaranya yaitu produk, harga dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di Toko Bangunan UD. NATO. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen menjadi sangat penting. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 68 responden dan mengolah data menggunakan software SPSS Versi 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji t menunjukkan bahwa t hitung untuk produk (2,635), harga (5,109), dan lokasi (2,586) lebih besar dari t tabel (1,669), yang berarti semua hipotesis diterima. Selain itu, uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung (21,069) lebih besar dari F tabel (2,36). Dengan demikian, Toko Bangunan UD.NATO disarankan untuk terus meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga yang kompetitif, dan memilih lokasi yang strategis untuk menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam industri bahan bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rizal Ma’ruf Amady Siregar, M.M dan Putri Bunga Meiliana Daulay, M.Si
Keywords: Produk; Harga; Lokasi; Pembelian; Bahan bangunan; UD. Nato
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:48
Last Modified: 18 Jul 2025 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12385

Actions (login required)

View Item View Item