Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model problem based learning dengan menggunakan software autograph terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi program linier di SMA N 4 Padangsidimpuan

Lubis, Syahla Hanifah Rizki (2025) Pengaruh model problem based learning dengan menggunakan software autograph terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi program linier di SMA N 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan matematika dasar yang dimiliki oleh siswa sehingga mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa, kurangnya motivasi belajar siswa, pembelajaran cenderung menggunakan Teacher Center Learning yang menyebabkan suasana kelas jenuh dan pasif, model pembelajaran yang tidak sesuai serta kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Software Autograph terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi program linier di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen Quasi Experimental Design, populasinya adalah seluruh siswa kelas XI dan mengambil sampel menggunakan Purposive Sampling, instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dalam hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 82,62 dan kelas kontrol sebesar 68,51 ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Software Autograph terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada materi program linier di kelas XI SMA N 4 Padangsidimpuan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu thitung>ttabel yaitu 6,925 > 2,042.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Model problem based learning; Software autograph; Penalaran matematika siswa; Materi program linier; SMA N 4 Padangsidimpuan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0802 Computation Theory and Mathematics > 080204 Mathematical Software
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:58
Last Modified: 18 Jul 2025 06:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12379

Actions (login required)

View Item View Item