Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran akidah akhlak siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara

Pohan, Hapni Madinah Al Zahrah (2025) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran akidah akhlak siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkontruksikan konsep, hukum, prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara merupakan salah satu madrasah yang menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun 2013/2014 dengan pendekatan saintifik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara dan kendala-kendala dalam pelaksanaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara dan kendala-kendala dalam pelaksanaan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Mattew B. Miles dan Michael Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara sudah terlaksana dengan baik dapat dilihat dari aspek mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan yang telah dilaksanakan. Adapun kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaanya adalah waktu yang singkat, kelas yang banyak dan masi ada siswa yang malas membaca begitu juga dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari penerapan langkah-langkah saintifik, yaitu mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang telah diterapkan dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, jumlah kelas yang banyak, rendahnya minat membaca siswa, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut dalam mengatasi kendala-kendala tersebut agar penerapan pendekatan saintifik dapat berjalan lebih optimal dan meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di madrasah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dr. Lazuardi, M.Ag.
Keywords: Pendekatan saintifik; Mata pelajaran akidah akhlak; Siswa Kelas XII; Madrasah Aliyah Negeri 1 Labuhanbatu Utara
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:57
Last Modified: 18 Jul 2025 06:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12376

Actions (login required)

View Item View Item