Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model game based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV Di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan

Tya, Nadila Frissa (2025) Pengaruh model game based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV Di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dar SD/MI/SDLB sampai SMP DAN SMA. IPS mengkaji seperapat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cita damai.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlakuan tertentu terhadap hasil belajar dalam situasi yang terkendali. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan jenis one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tertulis, dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial .Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas IV. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar -10.722, sedangkan ttabel untuk kesalahan 5% dan derajat kebebasan (dk) sebesar 18 adalah 1.734. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel (-10.722 > 1.734), dan nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05, yang berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model game based learning .Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif, khususnya dalam pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M. Si dan Nashran Azizan, M. Pd.
Keywords: Model Game Based Learning; Hasil belajar Siswa; Pembelajaran IPS; Kelas IV; SD Negeri 200220 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:45
Last Modified: 12 Jul 2025 02:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item